Pengertian dan Fungsi WAMP

Diposting oleh j0m6Lo_soC!ety | 20.51 | 0 komentar »

Wamp ServerWamp adalah sebuah aplikasi yang dapat menjadikan komputer kita menjadi sebuah server. Kegunaan wamp server ini untuk membuat jaringan local sendiri dalam artian kita dapat membuat website secara offline untuk masa coba-coba di komputer sendiri. Jadi fungsi dari wamp server itu sendiri merupakan server website kita untuk cara memakainya. Mengapa harus menjadi server ? Karena dalam hal ini komputer yang akan kita pakai harus memberikan pelayanan untuk pengaksesan web, untuk itu komputer kita harus menjadi server.


Biasanya para perancang web atau web master jika akan merencanakan (planing), kemudian membangun (buliding )dilakukan di komputer local atau bisa juga di jaringan local, tidak langsung di host --> internet. Oleh karena itu perlu dikomputer kita di jadikan server sehingga kita seolah olah sedang meng update di hostnya ( tempat penyimpanan file2 yang diperlukan website ) ---> internet.

Dengan di tempatkannya file file pendukung website di komputer kita kita tidak perlu buka masuk internet .. sehingga hal ini mengurangi presentasi waktu dan biaya, yang kalo di lakukan langsung di jaringan internet akan memakan waktu yang lama juga untuk uploadnya (edit file file websitenya seperti html, php atau asp).


Cara Penginstallan

  1. Klik file exe WAMP
  2. Setelah muncul layar penginstallan klik tombol next.
  3. Kemudian pilih option I accept the agrement, lalu pilih Next.
  4. Setelah itu akan muncul kotak yang akan menanyakan dimana kamu akan menginstall wamp5. Biarkan saja langsung tekan Next.
  5. Tekan Next lagi.
  6. Setelah itu akan muncul lagi kotak yang menenyakan apakah program ini akan dijalankan setiap kali komputer pertama kali nyala. Kalau setuju tinggal beri tanda centang kalau tidak setuju tidak perlu diberi tanda centang. Kemudian tekan Next.
  7. Lalu akan muncul kotak lagi. Kalau yang dimasukan di langkah NO. 4 adalah c:\wamp maka arahkan pointer seperti diatas ke c:\wamp\www.
  8. Akan muncul kotak lagi, kemudian pilih di look in c:\windows dan masukan di file name explorer.exe.
  9. Kemudian tekan tombol finish.

Cara Penggunaan
  1. Download wamp server.Tentu saja download wordpress.
  2. Install WAMP SERVER sampai selesai.
  3. Ekstrak Joomla yang kita download tadi ke C:/wamp/www/
  4. Setelah selesai buka browser yang tadi diset waktu install wamp, bisa Internet Explorer, Mozilla, Opera.
  5. Ketik localhost/phpmyadmin/ pada ciptakan database buat database terserah pada tutorial ini pakai aja wp, terus klik create.
  6. Saatnya menginstall joomla offline, ketik localhost/wordpress/
  7. Kemudian ikuti petunjuk pada isian database isi joomla, user isi root password dikosongkan terus next kalo ada isian titel dan email isi aja.
  8. Selesai harusnya sama kayak pake Joomla di hosting / internet.
Selamat mencoba (oh ya hampir lupa wamp server yang aktif ada di tray icon kanan bawah pastikan warnanya putih tidak merah atau kuning.

0 komentar

Posting Komentar